Sebelum baca ulasan ini, baiknya baca dulu ulasan penulis sebelumnya DISINI.

Thread ini adalah sambungan dari thread sebelumnya

Masih seputar ‘perseteruan’ personal brand para politisi kita saat ini, kali kedua ini penulis kembali me-review secara singkat beberapa website/weblog mereka dari sisi tampilan. Mengenai aspek teknis, mungkin lain kali saja kita bahas. Here we go again!

5. WIRANTO

wiranto_com-1024x540Wiranto Online News. Dari semboyannya saja kita langsung paham bahwa website ini merupakan corong berita dari Ketua Umum Partai Hanura. Jika ditarik sejarah ke belakang, pak Wi, sapaan akrabnya, kerap disudutkan dengan isu pelanggaran HAM berat atas terjadinya tragedi Semanggi, Trisakti, atau kekerasan militer di Timor Timur sebelumnya. Setiap kali ia naik dan bertarung memperebutkan kursi RI-1, kala itu pula isu pelanggaran HAM siap menghadangnya. Walhasil, menjaring suara melalui media internet bisa dibilang salah satu jalan yang paling ‘masuk akal’ bagi pak Wi dan Timses-nya. Dimana dalam rentang 5 tahun, akan bermunculan generasi muda yang fresh dan tidak terlalu mempersoalkan isu HAM yang pernah melibatkan mantan Panglima ABRI di akhir era Orde Baru.

Website WON (Wiranto Online News) ini penulis anggap sebagai salah satu website yang paling baik dari sisi konten dan tampilan. Diperkaya dengan flash pop up, seakan menegaskan bahwa website ini bukan website yang dikelola asal-asalan. Meski isi konten (khususnya pada segmen berita) sebagian besar hanya dihimpun dari media massa lokal lain, namun kesan profesional amat melekat pada website ini.

Alamat website: http://wiranto.com
Karakter website: Magazine, Profile, Blog
Responsive: NO

6. PRABOWO SUBIANTO

prabowo_info-1024x603Di kalangan TNI, banyak yang menganggap Prabowo Subianto sebagai jenderal lapangan sejati yang kerap kali ada di garis depan bersama anak buahnya. Dari penelusuran sejarah tindak tanduknya sebagai tentara, Prabowo Subianto termasuk orang yang sangat memperhitungkan aspek loyalitas. Tidak perlu mempertanyakan tingkat loyalitas kepada bangsa dan negara dari mantan menantu HM. Soeharto ini. Sebagai mantan Danjen Kopassus, Prabowo sangat mengerti perlunya mengedepankan keutuhan serta integritas bangsa Indonesia di mata dunia.

Takdir berkata lain, hingga saat ini ia masih tersandung isu kudeta militer senyap (coup de etat) yang terjadi di penghujung era Orde Baru. Bagaimana pun cerita sesungguhnya hanya Tuhan dan Prabowo yang mengerti. Namun pastinya seluruh pendukung Prabowo Subianto sadar bahwa hal ini bisa menghambat jalan Prabowo menuju kursi RI-1. Belum tuntas, ia dan partainya kerap diganggu dengan isu parliamentary threshold. Maka mau tidak mau, selain menjalankan metode blusukan kesana kemari, jalan lain untuk memenangkan hati rakyat Indonesia secara global melalui media online amat diperlukan.

Website milik Ketua Umum Partai Gerindra ini penulis anggap cukup bagus. Selain beraksen tegas dan lugas, website ini juga menjadi gateway bagi calon-calon kader partai untuk bersama-sama memenangkan Prabowo Subianto pada pilpres tahun 2014 yang akan datang.

Alamat website: http://prabowosubianto.info
Karakter website: Profile, Blog, Portal
Responsive: YES

7. PRAMONO EDHIE WIBOWO

pramonoedhie_com-1024x573

Meski cenderung didera masalah HAM, masih banyak orang percaya bahwa kalangan militer adalah yang paling pantas mendapuk sebagai orang nomor 1 di negeri ini. Budaya tidak teratur dan semaunya yang saat ini dipertontonkan oleh rakyat ibukota dan daerah daerah melalui televisi dan media lain, seakan menggiring opini bahwa kalangan militer masih opsi nomor satu untuk merebutkan tampuk kepemimpinan bangsa dan negara ini.

Adik ipar Presiden SBY ini penulis anggap merupakan sosok militer ‘bebas masalah’ yang berusaha menanggalkan hal hal yang berbau militerisme melalui website yang baru saja di-launching. Ini terlihat dari usahanya mengedepankan sikap down to earth kepada rakyat di grass root melalui blog dan gallery page-nya. Gaya santun yang diterapkan oleh Partai Demokrat dimana ia bernaung, turut tercermin dari tampilan dasar website ini yang terkesan netral dan menyejukkan. Salut kepada Timses-nya yang begitu agresif dengan berani menyewa space iklan di media online terbesar semacam Detik.Com selama berhari-hari pada pekan lalu menurut pantauan penulis.

Tidak 100% mantan Kasad ini meninggalkan hal hal yang berhubungan dengan militerisme. Toh nyatanya ia dengan halus mampu menampilkan kisah pahlawan bangsa di website-nya. Penulis beranggapan bahwa hal ini merupakan terobosan jenius dari seorang mantan tentara yang mau tidak mau akan terus terkait dengan perjuangan bangsa dan angkat senjata.

Alamat website: http://pramonoedhiewibowo.com
Karakter website: Profile, Blog, Portal
Responsive: YES

8. GITA WIRJAWAN

gita_com-1024x574Menteri Perdagangan era KIB jilid II ini merupakan sosok entrepreneur sejati. Ia pernah merasakan hidup di negeri Paman Sam selama beberapa tahun, meski disana pun ia harus berjuang untuk hidup mandiri. Meski dilahirkan dari kalangan berada, Gita Wirjawan merupakan sosok alternatif yang dekat dengan anak muda.

Dalam website yang dikelolanya, cerminan sosok gaya anak muda lebih dominan tampil daripada cerminan statusnya sebagai seorang Menteri Perdagangan RI dalam sosok manusia formal. Jika dalam dunia militer Indonesia kita mengenal Prabowo Subianto yang karirnya cepat melesat, sebagai perbandingan, di dunia perekonomian dan bisnis dalam negeri kita mengenal sosok Gita Wirjawan.

Sebagaimana jargon yang diusung dalam website resminya, Berani Lebih Baik, maka Tim Sukses Gita Wirjawan pun patut penulis acungi jempol. Tidak mau kalah dari kerja Timses ‘kompatriot’-nya asal Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo, ia pun secara agresif menyewa space iklan di media online terbesar saat ini, Detik.Com sejak pekan lalu hingga saat artikel ini dibuat.

Penulis menilai, website Gita Wirjawan ini tampil sangat apik dengan ‘senjata lengkap’. Disain flat, minimalis, parallax, dan responsive yang sedang trend akhir akhir ini. Ruh website ini menyatu dengan semangat anak muda Gita Wirjawan yang seakan-akan selalu mengikuti tren zaman, khususnya di bidang teknologi terkini.

Alamat website: http://www.gitawirjawan.com
Karakter website: Profile, Blog, Social, Portal
Responsive: YES

9. JUSUF KALLA

jk_info-1024x658Sosok Jusuf Kalla sangat mudah diingat sebagai mantan Wakil Presiden RI era KIB jilid I dibandingkan sebagai sosok pengusaha sukses, atau sebagai Ketua Umum PMI (Palang Merah Indonesia). Mewarisi adat dan budaya orang Sulawesi yang gemar to-the-point dan blak blakan, Jusuf Kalla diprediksi mampu menjadi ‘kuda hitam’ pada pilpres 2014 dengan syarat beberapa tokoh nasional yang sedang populer saat ini tidak ikut ambil bagian merebutkan kursi RI-1.

Website resmi Jusuf Kalla mencerminkan dirinya yang doyan take action. Dengan menampilkan berbagai aktivitas sosial yang saat ini sedang dijalankan, kesan lugas amat kental terasa tatkala penulis menyusuri halaman demi halaman website ini. Kesan motivator pun tidak lepas dari sosok Jusuf Kalla dimana ia menghimbau pembacanya untuk turut aktif ikut membantu sesama yang sedang kesulitan.

Grid design yang dipilih sebagai fitur website ini menurut penulis memang sangat cocok untuk seorang Jusuf Kalla, yang memiliki segudang kegiatan beserta seluruh dokumentasi fotografi-nya agar terkesan apik dan penuh warna.

Alamat website: http://jusufkalla.info
Karakter website: Magazine, Blog, Profile, Portal
Responsive: YES

________ oo0oo _________

Inilah 9 website politisi yang penulis anggap memiliki daya pikat ditilik dari sisi tampilan. Penulis sadar bahwa sangat banyak website yang dikelola oleh para politisi negeri ini yang juga mempunyai kelebihan dibanding 9 website yang penulis angkat dalam blog ini.

Namun demikian hal ini dirasa lebih dari cukup sebagai bahan inspirasi bagi Anda yang menyukai disain website standar hingga yang out of the box.

Cheers!