Tadi siang waktu surfing di dunia virtual, gue sempat senyam senyum sendiri. Ini gara gara ada sedikit kericuhan antar sesama pengguna sosial media (sosmed).

Salah satu pengguna sosmed mencak mencak karena ada pertemanannya yang menanggapi statusnya dengan singkatan ‘LOL’. Entah karena setan apa yang mempengaruhi, itu anak ABG langsung meledak dan ngga terima ada yang komentar dengan singkatan ‘LOL’ yang menurutnya itu sama dengan TOLOL diambil ‘ekor’nya saja.

Lucunya waktu orang lain memberitahu bahwa singkatan LOL tidak lain adalah Laugh Out Loud (ngakak), ia pun tetap bersikeras dengan pandangannya sendiri bahwa LOL itu adalah tolol.

“Gua tau LOL itu tolol dari meme”, katanya mencoba ngeles.

Sekelumit kisah itulah yang menggugah pikiran gue bahwa ilmu dan pengetahuan itu beda.

Orang boleh dapet ilmu dari mana saja, tapi apakah dia tau apakah sumber itu bisa dipercaya?, dan yang lebih penting, apa dia tau bagaimana fungsi ilmu tersebut dilihat dari sikon yang ada?.

Ini sama aja macam ada orang yang istrinya baru lahiran dan dapet anak perempuan. Dia tanya sama temen temennya, kira kira nama perempuan apa yang artinya bagus, islami, dan penuh berkah.

Lalu salah satu temennya jawab berdasarkan ilmu, tanpa pengetahuan…

“mudah coyy… kasih aja anak loe nama ‘al marhumah’…  maknanya bagus, islami, penuh berkah tuh”.

WTF… #@*$!!!