Sore ini ngga tau kenapa, kepingin banget lihat lihat file project yang pertama kali gue kerjain sebelum gue putuskan untuk fokus ke bisnis pembuatan website. Thus, beberapa screenshot ini bikin gue mesam mesem sendiri. Soalnya mengingatkan bagaimana kondisi gue waktu itu yang bener bener start dari NOL dan itu juga karena adanya faktor ‘keterpaksaan’. Life goes on…

www.asaddki.com (still active) | Website pencak silat berbasis platform WordPress ini bisa dikatakan adalah project uji-coba gue yang terpaksa (atau dipaksa?) terjun ke dunia WordPress. Ngga ada basic skill sama sekali di WordPress, dan sempat beberapa kali kena hack/deface, pada akhirnya gue merasakan kenikmatan ngoprek website berbasis WordPress dibanding CMS lain semisal Drupal, Joomla, atau platform e-commerce semisal OsCommerce, Magento, atau Prestashop. Temen gue yang juga pesilat aktif, Janu Adhi Permana, yang bikin gue mau ngga mau kenalan sama platform WordPress. Padahal waktu itu gue sedang tergila gila sama Blogger.

www.serbausaha.web.id (not active) | Website berbasis HTML ini adalah project besar dari pemerintah untuk memperbanyak UKM di Indonesia. Gue lihat mungkin ini peluang buat gue untuk mengetahui lebih dalam bagaimana membuat website e-commerce yang bagus. Meski pada akhirnya gue tahu bahwa framework website ini sangat kaku dan tidak responsive, tapi website ini nyatanya sempat tayang selama 2 tahun. Karena gue pernah memperpanjang domain dan hosting-nya, dan merasa ‘dibuang sayang’. Tapi ya sudahlah. Cukup tahu aja.

www.air-kesehatan.com (not active) | Kalo bicara soal website ini, gue jadi inget almarhum temen gue Pepen (Romdloni Wahdi) yang juga owner website ini. Dengan keterbatasan dana tapi kepingin punya website untuk mempromosikan usahanya, dia minta ke gue supaya dibuatkan website sederhana tapi enak dipandang. Ya sudah, gue pilih platform Blogger yang ‘hanya’ butuh mengedit HTML sebagai engine untuk membangun website air kesehatan dengan merk Soluna Alkali.

Diluar segalanya, website paling bawah ini adalah website professional pertama yang pernah gue develop untuk orang lain sebelum akhirnya gue memutuskan untuk bener bener masuk ke bisnis pembuatan website. Rest in peace, brother.