Jaman saya masih SD dulu (kisaran tahun 80-an), ada satu tayangan televisi yang jadi favorit dan pasti selalu ditunggu-tunggu. Nama program/acara tersebut adalah BELIEVE IT OR NOT. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa isinya adalah tentang hal-hal yang tidak masuk akal tetapi nyata dan terbukti bukan rakayasa.

Beberapa waktu lalu salah seorang penduduk Republik Azerbaijan (Eropa Timur) secara mengejutkan menemukan fakta bahwa flora (tetumbuhan/bunga) di halaman rumahnya berubah mekar dan merekah tatkala Adzan (Muslim’s call for prayer) sedang dikumandangkan.

Terlebih yang membuat penasaran adalah tidak hanya satu jenis bunga saja, namun seluruh jenis bunga rupanya merespon hal yang sama (mekar/merekah). Hal ini terjadi sepanjang hari, padahal dalam sehari Adzan dikumandangkan 5 kali. Maa-syaa Allaah.

Seakan ta’zhim (menghormat) kepada asal suara tersebut, fenomena alam yang sangat tidak lazim ini mengundang rasa penasaran media barat CNN yang turut menayangkan hal yang amat langka ini kepada dunia. Berikut cuplikannya: