Pernah atau sering denger muballigh bilang “ayatnya begini, keterangan manqul-nya begitu. Dalil-nya begini, keterangan manqul-nya begitu.”

Betul?

Karena pada sesama temen pengajian belum gua temuin orang yang mampu menjelaskan panjang lebar soal manqul yang mudah dipahami orang awam dan bisa viral, Gus Baha, salah satu kyai muda yang sedang terkenal di media sosial, SECARA TIDAK LANGSUNG mampu menjelaskan mengenai apa sih yang dimaksud “keterangan manqul” atau tafsir manqul.

Apalagi disitu ada penekanan ulama yang berkesimpulan:

Kebodohan umat Islam itu karena terikat teks (tekstual)”.

Kecelakaan ilmiyyah paling banyak menjadi penyakitnya orang sholeh adalah perkara tadi (tekstual)”.

Jadi, kalo dengerin nasehat Gus Baha ini, gua pribadi amat bersyukur bisa ketemu dengan ibadah yang berdasarkan manqul, musnad, muttashil.

“Dalile ngene. Keterangane ngene”.

Nah, buat elu-elu yang masih pada seneng “sok ilmiyyah” tapi salah tafsir melulu, lu dengerin nasehat Gus Baha bae-bae nih…

Memang judul video ini bukan tekstual berjudul “definisi manqul yang benar”. Tapi coba dengerin baik-baik apa yang beliau sampaikan.

Kalo majelis taklim elu sama kayak gua di LDII, insyaAllaah lu bisa paham maksud gua. Kalo ngga paham, berarti lu masih “tekstual”, hehe.

Semoga barokah!

https://youtu.be/H0bIF9BLRuk

credit: santrigayengcom